Selasa, 18 Maret 2014

DZIKIR ITU SEDERHANA TAPI SERING TERLUPA!



DZIKIR ITU SEDERHANA
TAPI SERING TERLUPA!
Assalamualaikum sobat master…
“Dzikir itu sederhana tapi sering terlupa”
Mungkin dari judul diatas para pembaaca bertanya apa sih fadhillah dari berdzikir.
Sebelum diteraangkan tentang fadhillah berdzikir yang sayang sekaali bila di tinnggalkaan karena dzikir memiliki banyak sekali faedah yang bila di tinggalkan kita akan menjadi insan atau hamba yaang merugi.
Sebelumkita ke fadhillah dzikrullah
Mari kita simak ‘keutamaan dzikir’
Sekalipun tidak ada ayat Alquran dan hadits Nabi SAW. Yang menerangkan tentang keutamaan dzikrullah, namun dzikir yang hakiki kepada Allah Yang Maha Pemberi Nikmat ini tetaplah sangat penting.
Sebab kita adalah hamba Allah yang harus senantiasa mengingat-Nya dan jangan sampai lalai dari mengingat-Nya.
Dialah Maha Pemberi yang hakiki, Dia telah memberikan kepada kita nikmat dan kebaikan yang tak terhitung banyaknya setiap waktu.
Oleh karena itu menyebut nama-Nya, mengingat dzat-Nya dan mensyukuri nikmat dan karunia-Nya adalah sesuatu yang fitrah bagi seorang hamba-Nya.
Seorang penyair berkata “Tuhan yang telah berkorban di dunia ini; Mulialah orang-orang yang selalu mengingat-Nya setiap saat”





Nah.. itulah keutamman berdzikir. Setelah itu mari  kita ketahui fadhillah dzikrullah
FAEDAH DZIKIR DARI HAFIZH IBNU QAYYIM RAH.A
Beliau adalah Seorang ulama hadits yaang terkerkenal, beliau menulis sebuah risalah bernama alwabilush yang berisi tentang berbagai penjelasan mengenaai keuntungan berdzikir.
Beberapa faedah berdzikir adalah:
1.      Dzikir menjauhkan syetan dan menghancurkan kekuatannya.
2.      Dzikir menghitamkan mulut syetan.
* Dari Anas, Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya Syaitan selalu meletakkan mulutnya di hati manusia. Apabila ia berdzikir kepada Allah, maka Syaitan akan mundur (tidak akan menyimpan mulutnya). Namun, apabila lupa tidak berdzikir, maka Syaitan akan menempelkan mulutnya itu pada hati manusia. Maka itulah yang disebut dengan bisikan yang tersembunyi dalam dada manusia” (HR. Abu Ya’la).
3.      Dzikir mendatangkan keridhaan Allah swt.
Di dunia ini carilaah keridhaan Allah dan
Jangan lah kau  mencari keridhaan manusia. Apabila kau mencari keridhaan manusia, maka nihil yang akan engkau dapatkan.
4.      Dzikir adalah penarik rezeki.

Artinya :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : "Sesungguhnya Allah berfirman : "Wahai anak Adam (manusia) luangkanlah waktu untuk ibadah kepadaKu maka Aku isi dadamu dengan kekayaan, dan Aku tutup kekafiranmu. Jika tidak demikian maka Aku isikan kesibukan di mukamu dan Aku tidak menutup kefakiranmu". (Hadits ditakhrij oleh At Tirmidzi)

5.      Dzikir menjauhkan dukacita dari hati manusia.
6.      Dzikir dapat menggembirakan hati.
7.      Dzikir menguatkan badan dan memperindah sanubari.
8.      Dzikir adalah cahaya hati dan wajah.
9.      Orang yang berdzikir akan di pakaikan kepadanya pakaian kegagahan dan kemegaahan, sehingga orang yang melihatnya akan merasa gentar dan damaai.
10.  Dzikir melahirkan cinta sejati kepada Allah swt. Karena cinta merupakan ruh islam, jiwa agama dan sumber kejayaan dan kebaahagiaan. Barang siapa menginginkan cinta Ilahi, maka hendaklah ia berdzikir seanyak-banyaknya, sebagaimana belajar dan mengulangi ilmu merupakan pintu ilmu, demikian pula dzikrullah merupakan pintu cinta ilahi.
11.  Dzikir mendatangkan hakekat muraqabah dan muraqabah itu akan membawa seseorang kepada martabat ihsan. Dengan martabat ihsan seorang manusia dapat beribadah kepada Allah  seolah-olah ia melihat Allah. (inilah derajat terakhir para ahli sufi)
* Dari Abu Sa’id al-Khudry, Rasulullah saw pernah ditanya : “Hamba yang bagaimana yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah kelak di hari Kiamat?” Rasulullah saw menjawab : “Mereka yang banyak berdzikir kepada Allah”. Aku bertanya : “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan yang berperang di jalan Allah?” Rasulullah saw menjawab : “Sekalipun ia membunuh orang kafir dan orang musyrik sehingga berlimpah darah, tetap orang yang berdzikir lebih mulia derajatnya” (HR. Turmudzi).
12.  Dzikir menyebabkan seseorang diingat oleh Allah Swt. Seperti disebutkan dalam al quran.
“maka ingatlah kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu. Kan …”
(QS. Albaqarah ayat 152)
Dan diterangkan pula di dalam hadits ;
“barangsiapa mengingati Aku dalam hatinya, maka Aku mengingatnya dalam hati-Ku.”
13.  Dzikir menghapuskan diri dari dosa dan maksiat.
14.  Apabila seseoranghamba berdzikir, maka empat penjuru arasy Ilahi akan berdzikir kepadanya.
15.  Barang siapa ingatkepada Allah ketika senang, maka Allah akan mengingatnya ketika ia dalam kesusahan.
* Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda: “Allah berfirman : “Saya tergantung prasangka hambaKu kepadaKu. Dan Aku akan selalu bersamanya, apabila ia berdzikir kepadaKu. Apabila ia mengingatKu (berdzikir) dalam dirinya, aku akan mengingatnya dalam diriKu. Apabila ia mengingatKu (berdzikir) pada waktu ramai, maka Aku juga akan mengingatnya pada waktu ramai yang lebih baik dari mereka” (HR. Bukhari Muslim).
16.  Dzikir melepaskan orang yang melakukannya dariazab Allah swt.
17.  Dzikir menyebabkan turunnya dan para malaikat mengelilinginya.
18.  Dzikir menyelamatkan lidah dari mengumpat, mencela, dusta, dan berbicara sia-sia. Karena menurut kenyataan orang yang membiasakan lidahnya dengan berdzikir maka ia akan di selamatkan dari perbuatan keji. Sebaliknya, lidah yang tidak di biasakan untuk berdzikir, maka segala perbuatan yng sia-sia akan dilakukannya.
19.  Majelis-majelis dzikir adalah majelis para malaikat, sebaliknya lalai aadalah majelis syetan. Kini terserah masing-masing, majelis manakah yang disukai dan yang akan disertainya.
20.  Dzikir menyebabkan orang yang melakukannya di masukan ke dalam golongan orang-orang yang berbahagia dan demikian pula orang orang yang mendampinginya.
Sebaliknya orang yang melalaikan dzikir akan di campakkan ke dalam kecelakaan.
* Mu’adz bin Jabal berkata, Rasulullah saw bersabda : “Tidak ada satu pun yang membuat merugi bagi penghuni surga melainkan apabila setiap waktu berlalu, namun mereka tidak berdzikir kepada Allah” (HR. Thabrani dan Baihaki dengan sanad yang baik).
21.  Orang yang suka berdzikir akan di pelihara daribencana dan penyesalan pada hari kiamat. Seperti di sebutkan dalam sebuah hadits bahwa setiap majelis yang tidak diisi dengan dzikrullah akan mendatangkan kerugian dan penyesalan pada hari kiamat.
* Dari Ibnu Abbas, Rasuullah saw bersabda: “Ada empat hal yang apabila manusia diberikan keempat tersebut, maka sungguh ia telah diberikan sesuatu yang sangat istimewa untuk dunia dan akhirat : hati yang selalu bersyukur, lidah yang selalu berdzikir, tubuh yang selalu sabar manakala ditimpa musibah serta isteri yang tidak berbuat dosa kepada dirinya ataupun harta suaminya (isteri shalehah)” (HR. Thabrani dengan sanad yang baik).

22.  Dzikir menyelamatkan diri dari siksa neraka.
Artinya
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : Allah berfirman : "Keluarkanlah dari neraka orang yang ingat kepadaKu pada suatu hari atau takut kepadaKu pada suatu tempat". (Hadits ditakhrij oleh Tirmidzi).

23.  Nur dzikir senantiasa bersama orang yang berdzikir baik di dunia maupun di alam kubur dan memimpin di titian shirath (tidak akan berpisah di manapun).
Di peringati oleh Allah dalam Alquran:
“Dan apakah orang yang mati, kemudian Kami hidupkan dan Kaami berikan kepadanya cahaya yang terang yang dengan cahaya itu ia berjalan di tengah-tengah manusia, akan sama halnya dengan orang yang berada dalam gelap gulita dan tidak mungkin keluardarinya”
(QS. Al An’am ayat 122)
24.  Majelis dzikir adalah majelis para malaikat.
25.  Orang yang selalu berdzikir, ia akan memasuki surge sambil tersenyum.

Sahabat perindu syurga, demikian tadi tentang keutamaan berdzikir. Semoga dapat menambah ilmu dan meningkatkan  kualitas ibadah kita. Amiin…
Terimaksih…
semoga bermanfaat ^_^

By: Evi Imroatu Fadhillah_Al-firhi (XI IPA 2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar