Minggu, 05 April 2015

SYUKUR DAN MUSIBAH

Ini adalah hari yg melelahkan dimana dalam sehari beberapa peristiwa terjadi.
perasaan cemas dan gelisah hadir tiba-tiba, ketika aku menaiki motorku.
firasat akan hadir secara alamiah pada manusia yang hendak menimpa musibah.
Di awali dengan mama mengajakku untuk membeli bakso. Beliau mengajak untuk menaiki motor, namun aku menolaknya dengan sopan "jangan ma, di depan pasar ramai kendaraan yang berlalu lalang. lebih aman kita jalan aja yuk!".
lalu mama menyetujui ajakanku. lalu kami pun berjalan hendak membeli bakso.
pada waktu membeli bakso, ada tabrakan terjadi di depan mata kami, motor satu seorang ibu serta membonceng anaknya dan motor lawan seorang suami membonceng istrinya.keduanya terjatuh seketika, 
perhatianku tertuju pada motor 'astrea' yang membawa seorang ibu dan anaknya. seketika motor mereka terjatuh si anak dan ibunya terpental kejalan, seketika itu pula si ibu bergegas bangun dan merangkak mencari anaknya. alhamdulillah tidak terjadi luka yang serius kepada keduanya.
aku yang menyaksikan peristiwa tersebut, tersadar bahwa semua ibu tidak peduli apapun keadaannya beliau akan memikirkan keadaan anakknya.
selanjutnya akupun pulang.
************
Di halaman rumah....
Karena aku tidak seimbang pada posisi  hendak berhenti karena ada tumpukan kayu yang membentang di jalan, aku jatuh ke kanan, ku korbankan kakiku, aku berusaha menyelamatkan penumpang yang berada di belakangku, karena itu tanggung jawabku.
aku julurkan kakiku, namun apa daya kakiku nekuk. bagian punggung kaki mengenai tumpukan kayu tersebut dan tumit menopang motor yang hendak roboh.
setelah itu ada yang menolong kami. Alhamdulillah Allah menyelamatkan kami.
Aku masuk kedalam rumah dengan langkah gontai karena kurasakan perih dan ngilu di kaki.
selanjutnya kakiku diurut karena mama takut kalau di biarkan bisa berakibat bengkak.
aku berfikir sejenak, inilah jawaban dari rasa cemasku, aku sangat bersyukur jatuh yang kualami hanya sekedarnya saja, masi banyak orang lain yang tidak seberuntung diriku.
*******************
Sore hari......
Dari balik pintu kamar yang sedikit terbuka, kuliat kilatan cahaya berwarna merah-merah ke-orange.
ku kira itu adalah pantulan cahaya dari tv yang dinyalakan adikku.
setelah kuamati, sepertinya itu bukan cahaya dari tv.
aku bergegas bangkit dan mengececk sekitar, Apakah semua baik-baik saja,
Namun alangkah terkejutnya aku melihat api yang sedang berkobar di ruang dapur.
Dengan langkah yang terseret aku memasuki ruang dapur.
kupaksa kakiku untuk berjalan cepat.
tanpa berfikir panjang ku ambil segayung air unuk memadamkan api.
aku berteriak "mama kebakaran...mama..mama..."
mama menghampiriku dengan panik. Dan aku tidak mungkin hanya diam saja aku ambil lagi air untuk memadamkan api.
setelah api padam mama mematikan kompor.
mama berterimakasih kepadaku, karena mama merasa ceroboh dan merasa bersalah.
Api itu bermula ketika mama hendak menggoreng kerupuk.
mama lupa minyak yang dipanaskan di tinggal begitu saja.
sekitar satu jam api menyala-nyala dan ruangan di dapur menjadi berasap tebal berwarna hitam.
tetangga sebelahpun turut berbondong-bondong menghampiri kami setelah api padam.
mereka menanyakan asal muasal api tersebut, lalu mama menceritakan semuanya.
kami bersyukur api yang menyala-nyala tersebut tidak sampai membuat tabung LPG meledak. anya saja tembok dapur dan beberapa peralatan lain hangus.
Dari situ aku bermuhasabah sejenak, itu juga merupakan jawaban dari kegelisahanku.
namun sekali lagi Allah tolong kami.
Alhamdulillah...
rentetan peristiwa tersebut membuatku tersadar
Ketika ada hal-hal yang luput,
penderitaan, kesulitan kita tidak terlalu bersedih hati dan menjadikan kita
bersangka buruk kepada Allah.
Tetimakasih Allah, masih di beri keselamatan :')

sahabat pena yang di rahmati Allah.
janganlah ragu untuk bersedekah, karena salah satu faedah bersedekah adala terhindar dari marabahaya.
setidaknya Allah akan menolong kita dalam kondisi apapun.
doa-doa mereka yang kita tolonglah akan di balas dengan pertolongan Allah, melalui siapapun dan kapanpun kita membutuhkan.
ambil hikmah di setiap apa yang berlaku,
terimakasih, semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar